PEMEROLEHAN MORFOLOGI (VERBA) PADA ANAK USIA 3 DAN 4 TAHUN (SUATU KAJIAN NEURO PSIKOLINGUISTIK)

Authors

  • Zherry Putria Yanti Zherry Universitas Adzkia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemerolahan bahasa melalui ujaran percakapan dengan keluarga yang digunakan anak usia 3-4 tahun dalam bertutur dilingkungannya menggunakan tataran morfologi. Terjadinya perkembangan bahasa tidak berhubungan dengan perkembangan kognitif seseorang, karena faktor intelektual sangat mempengaruhi kemampuan berbahasa sesorang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak menggunakan teknik lanjutan berupa teknik catat. Teknik catat digunakan sebagai teknik dalam pengumpulan data. Teknik catat adalah mencatat beberapa bentuk yang relevan bagi penelitiannya dari penggunaan bahasa secara tertulis. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara atau dialog dan teknik catat untuk mengungkapkan kemampuan bercerita pada anak tersebut. Sumber data yang digunakan yakni rekaman suara seorang anak usia 4 tahun yang bernama Zahira Sayafitri. Penguasaan bahasa Zahira (4 Tahun) lebih mengarah pada peniruan bunyi atau kata oleh orang-orang terdekatnya, anak dapat mengulang apa yang telah ia dengarkan. Pada tahap ini anak mulai mengembangkan bahasanya serta Zahira sudah dapat mengucapkan dengan penambahan sisipan berupa pel-, mel-, dan nyal-.

Kata Kunci: Pemerolehan morfologi (Verba), anak usia 3 dan 4 tahun         

 

Abstract

The purpose of this study is to describe language acquisition through conversational utterances with families that are used by children aged 3-4 years in speaking in their environment using a morphological level. The occurrence of language development is not related to a person's cognitive development, because intellectual factors greatly affect a person's language skills. The method used in this study is the listening method using an advanced technique in the form of a not-taking technique. The note-taking technique was used as a technique in data collection. The not-taking technique is to record several forms that are relevant to his research from the use of written language. Data collection techniques are carried out through interviews or dialogues and not –taking techniques to reveal the ability to tell stories to the child. The data source used is the voice recording of a 4 year old child named Zahira Syafitri. Mastery of Zahira's language (4 years old) is more directed at imitating sounds or words by those closest to him, the child can repeat what he has heard. At this stage the child begins to develop his language and Zahira is able to pronounce it with the addition of inserts in the form of pel-, mel-, and nyal-.

Keywords: Acquisition of morphology (verb), children aged 3 and 4 years

References

Amir Hakim. 2008. Afiksasi pada Kosa Kata Asing dalam Majalah Teknologi Informasi PC Media. FKIP Universitas Jambi.
Azwardi. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademika.
Arsyad, Saida Gani Berti. Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:RlfJpMlDXFcJ:scholar.google.com/+jurnal+fonologi&hl=id&as_sdt=0,5
Bagiya. 2017. Infleksi dan Derivasi dalam Bahasa Indonesia. Journal of Language learningand Research (JOLLAR). 1(1) 32-40. https://docplayer.info/81656273-Infleksi-dan-derivasi-dalam-bahasa-indonesia.html
Chaer, Abdul. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Reneka Cipta.
Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik, Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gorys, Keraf. (1984). Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia
Kalamper, Yohanes, dkk. 1998. Morfologi Bahasa Tamuan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kaswanti, Bambang Purwo. “Perkembangan Bahasa Anak: Pragmatik dan Tata Bahasa” PELLBA 4, ed. Hlm 165-171. Yogyakarta: Kanisius.
Kholid A. Harras Andika Dutha Bachari. Dasar-Dasar Psikolinguistik. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/198001292005011-ANDIKA_DUTHA_BACHARI/psikolinguistik-andika.pdf.
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka.
Mahsum. 2010. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo.
Monks, F.J. and A.M. P. Knoers. (2006). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Parera, Jos Daniel. Morfologi. 2007. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sangaji Niken Hapsari. 2016. Etimologi Sufiks Asing dalam Bahasa Indonesia pada
Rubrik Zoom Out dalam Koran Tempo. Jurnal Pujangga. 2, Nomor 1. https://dokumen.tips/documents/etimologi-sufiks-asing-dalam-bahasa-indonesia-.html?page=1
Santoso, Joko. 2009.Morfologi Bahasa Indonesia. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Simatupang, M.D.S. 1983. Reduplikasi Morfemis Bahasa Indonesia. Jakarta: Jambatan.
Susiati, S. 2020. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia: Sosiodrama.
Ulfa, M. 2017. Pemerolehan Fonologi, Morfologi, dan Sitntaksis Anak Usia 2, 5-3 Tahun. Journal Proceeding, 1(1). University Press. https://docplayer.info/59994153-Pemerolehan-fonologi-morfologi-dan-sitntaksis-anak-usia-2-5-3-tahun.html
Wiratno, Tri, dan Riyadi Santosa. 2011. Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2022-08-06