EFEKTIVITAS PENDEKATAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR

(Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN 02 Kota Payakumbuh)

Penulis

  • Jendriadi STKIP Adzkia
  • Warlan Sukandar
  • Nurul Hikmah

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Picture and Picture.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendannya keterampilan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Kota Payakumbuh. Penelitian ini membahas tentang apakah penggunaan pendekatan Picture and Picture efektif terhadap keterampiran menulis karangan narasi siswa Kelas V SD Negeri 02 Kota Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design dengan rancangan Pratest and Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V semester II SD Negeri 02 Kota Payakumbuh. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil pengujian terhadap data dari kelas sampel yaitu berdisrtibusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menjunkkan thitung =3,870  >  ttabel = 1,681 maka hipotesis atau H1 diterima, terbukti dengan penggunaan pendekatan Picture and Picture  memberikan efektivitas terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 02 Kota Payakumbuh tahun ajaran 2019/2020.

File Tambahan

Diterbitkan

2020-05-23