PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PREZI PADA MATA KULIAH ASSESSMENT DI SD

Penulis

  • Meria Ultra Gusteti STKIP Adzkia
  • Sri Novia Martin

Abstrak

Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Hal ini berdampak pada kegiatan pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka menjadi tatap maya, pembelajaran daring atau online. Pembelajaran daring merupakan tantangan bagi dosen dan mahasiswa. Salah satu tantangannya adalah kemampuan dosen dan mahasiswa menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran daring tersebut. Pemilihan metode dan pemanfaatan berbagai media pembelajaran daring dilakukan agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Salah satu media yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah media Prezi. Media ini digunakan saat presentasi dan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media Prezi pada mata kuliah assessment di SD. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa program studi PGSD yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket skala likert. Selanjutnya data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah media Prezi dapat dirasakan manfaatnya dan dapat digunakan untuk mendukung mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dari aspek kemudahan memahami materi, efektivitas waktu pembelajaran, daya tarik dan kebermanfaatan.

Referensi

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Brock, S., & Brodahl, C. (2013). A tale of two cultures: Cross cultural comparison in learning the prezi presentation software tool in the us and norway. Journal of Information Technology Education:Research, 12(1), 95–119. https://doi.org/10.28945/1781
Febrianto, F., Rais, M., & Nurmila, N. (2018). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tphp Pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu Dalam Proses Pengolahan Di Smk Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3(1), 42. https://doi.org/10.26858/jptp.v3i1.5196
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Gusteti, M. U., & Syafti, O. (2018). TEKNIK HANDS ON MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN. 3(2), 217–225.
Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102
Kemendikbud. (2020). Belajar dari rumah, satuan pendidikan dapat pilih platform pembelajaran jarak jauh sesuai kebutuhan (Learning from home, education units can choose distance learning platforms as needed). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Muh Rais. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom Jurnal, 2(1), 10–24.
Nur Arifiya. (2020). Abdimas Siliwangi Abdimas Siliwangi. Pembelajaran Saintifik Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di Kecamatan Cagak Kabupaten Subang Jawa Barat, 03(01), 49–59. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/3754
Nuryadin, E. (2019). PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. Jurnal Bio Educatio, 3(April 2018), 82–89. http://repositori.unsil.ac.id/1123/
Ramli Abdullah. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1).
Rifandi, R., Ahmad, D., & Gusteti, M. U. (2020). Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(1), 27–33.
Roberts, T. S., & McInnerney, J. M. (2007). Seven problems of online group learning (and their solutions). Educational Technology and Society, 10(4), 257–268.
Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, Y., & Argarini, D. F. (2019). Pengembangan Modul Analisis Vektor Terintegrasi Media Pembelajaran Prezi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32–47. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.193
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi
Widowati, C. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MAKHLUK HIDUP. 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Worldometers. (2020). COVID-19 coronavirus pandemic. Coronavirus.

File Tambahan

Diterbitkan

2020-08-01