PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI

Penulis

  • Jendriadi STKIP Adzkia
  • Adhya Muqarramah Rahayu
  • Vivi Puspita
  • Lisa Yuniarti

Abstrak

Media pembelajaran merupakan sarana atau alat yang digunakan guru untuk menyampaikan pesan pembelajaran guna membantu dalam proses belajar dan mengajar. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk proses pembelajaran adalah media video animasi.Berdasarkan hasil observasi lapangan yang peneliti lakukan di kelas IV SDN 17 Batu Kunit Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 17, 18, dan 19 Februari 2020. Hanya sedikit siswa yang berminat untuk mengikuti pembelajaran karena media yang digunakan kurang menarik. Pada penerapan kurikulum 2013. Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan pada tanggal 20 Juli 2020 beberapa siswa serta wali kelas IV SDN 17 Batu Kunit Kabupaten Pesisir Selatan. Pembelajaran tematik terpadu kurang menarik bagi siswa, sehingga pembelajaran tidak efektif dan memerlukan waktu yang banyak,Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Tahap potensi dan masalah dilakukan wawancara guru untuk menetapkan kompetensi dasar dalam penelitian. Tahap mengumpulkan informasi dilakukan melalui wawancara dan observasi lapangan. Tahap desain produk dengan penulisan storyboard dan skrip, memproduksi media video dan audio serta menyiapkan komponen pendukung, kemudian peneliti mengupload video ke https://drive.google.com/file/d/14gqmlzKiD7GQcaZjFUAFx0LyXqVHQ235/view?usp=drivesdk. Kelayakan video berdasarkan penilaian dari ahli bahasa dengan presentase 88%. Kelayakan video animasi berdasarkan penilaian dari 2 ahli materi dengan presentase 93%. Kelayakan video animasi berdasarkan penilaian ahli media dengan presentase 94%. Berdasarkan semua penilaian dari ahli video animasi berada pada kategori sangat layak.

 

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran Tematik Terpadu

Referensi

Arifin, Rita Wahyuni. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1. Jurnal ISSN Vol. 4, No. 1.
Anisah, Nurul. 2014. Pengembangan Media Bimibingan Etika Bergaul Berbasis Video Animasi Adobe Flash dalam Layanan Informasi Siswa Sekolah Pertama. Jurnal Edukasi Volt. 1 No.1.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Faisal.2014. sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: diandra Creative.
Golu, S. 2016. Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7 (5).
Hernawan, Asep Herry., dkk. 2017. Pembelejaran Terpadu di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Hendracipta, Nana. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Mode dengan Konteks Lingkungan pada Mapel IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar p-ISSN 2355-1925.
Kurniawan. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Cendikia Utama.
Lisnani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas VI SD. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 1.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Baru.
Ponza, dkk. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Volt. 6 No. (1) pp. 9.19.
Pratama. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Volt. 1 No. (1).
Ridwan, M., dkk. 2010. Pengembangan Video Animasi Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Auotocad Dasar.Jurnal Teknik 1 (2).
Sabrinatami, Zanderiyani. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Pembuatan Kue Dari Tepung Veras Pada Mata Pelajaran Kue Indonesia Di SMK N 4 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.
Sadiman,dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Saputri, Lola Ineli. 2015. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. ejournal.bunghatta.ac.id. vol 4, No.5.
Sari, Alvina Putri Purnama. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Siswa SMA Kelas x Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Biologi. Volt 7, No. 1.
Setyosari Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi. Jurnal Edukasi. V(1). Diakses pada 30 Mei 2020).

Syahfitri, Y. 2011. Teknik Animasi dalam Dunia Komputer. Jurnal SAINTIKOM. Vol. 10/No. 3. (Diakses pada 20 Mei 18 Mei 2020).

Tirtoni, Feri. 2018. Pembelajaran Terpadu. Sidoarjo: Umsida Press.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

______.2015. model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksra.
Yumarlin. 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik. 2(1). 61-68. (Diakses pada 20 Mei 2020).

File Tambahan

Diterbitkan

2020-08-01