PERMAINAN TRADISIONAL SONLAH/ENGKLEK UNTUK PENINGKATAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Penulis

  • Evi Desmariani STKIP Adzkia
  • Dr. Jendriadi
  • Tesya Cahyani Kusuma
  • Fenti Marfah Yanti

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini terlihat sosial emosional anak masih belum berkembang sesuai harapan, dimana dalam kegiatan bermain balok, anak hanya mau bermain sendiri dan tidak mengizinkan temannya untuk ikut serta membantu, kemudian anak memilih-milih teman bermain, dan dalam bermain anak tidak mengikuti aturan, serta tidak mau antri menunggu giliran. Untuk itu peneliti tertarik meningkatkan sosial emosional anak melalui permainan tradisional sonlah/engklek. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan sosial emosional anak melalui permainan tradisional sonlah/engklek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan literatur dengan teknik pengumpulan data dan sumber data yang didapatkan dari buku referensi dan jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan, selanjutnya data akan dianalisis dengan menghubungkan antara permasalahan dengan konsep dan teori yang relevan. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini  bahwa Permainan tradisional sonlah/engklek adalah permainan rakyat yang biasa dimainkan bersama atau berkelompok sehingga permainan tradisional sonlah/engklek dapat meningkatkan aspek-aspek pada sosial emosional anak seperti memiliki keterampilan dalam bekerja sama, keterampilan dalam menyesuaikan diri, berinteraksi, menyesuaikan diri, mengontrol diri, keterampilan dalam berempati, menaati aturan, dan keterampilan dalam menghargai orang lain. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional sonlah/engklek.

Referensi

Adhani, Dwi Nurhayati. 2014. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional Ular-ularan. (Online), Vol 1, No.2 (https://journal.trunojoyo.ac.id diakses 13 Agustus 2020)
Andriani,Tuti. 2012. Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. (Online), Vol 9, No.1 (https://media.neliti.com diakses 10 Juli 2020)
Ardini,Pupung Puspa dkk. 2018. Bermain & Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara
Bangsawan,Irwan P.R. 2019. Direktori Permainan Tradisional Kabupaten Banyuasin-sumatera Selatan. Banyuasin: Dinas pendidikan, pemuda, olahraga, dan pariwisata
Dacholfany, Ihsan Dkk. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.
Danarti, Dessy. 2010. 52 Fun Family Full Games Mudah, Murah, Menarik, Kreatif, Edukatif, Sekaligus Menyenangkan!. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Elfiadi. 2016. Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. (Online) Vol.7,No.1
(http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id diakses 10 Juli 2020)
Fadlillah. 2019. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group
Febriyanti,Chatarina dkk. 2018. Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. (Online) Vol.12, No.1 (https://www.neliti.com/id/277597/ diakses 13 Agustus 2020)
Fitriyani, Feny Nida. 2017. Perkembangan Bermain Anak Usia Dini. (Online) Vol.2. No.2 (https://jurnal.uinbanten.ac.id diakses 29 Agustus 2020)
Hamzah,Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan library Research. Malang: Literasi Nusantara
Hamzah,Nur. 2015. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN PONTIANAK PRESS
Harahap,Nursapia. 2014. Penelitian Kepustakaan. (Online) Vol.08, No.01 (https://media.neliti.com/media/publications/196955-ID-penelitian- kepustakaan.pdf diakses 13 Agustus 2020)
Hijriati. 2019. Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. (Online) Vol.05, No.02 (https://jurnal.ar-raniry.ac.id )
Iswinarti. 2017. Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Kurniati,Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Peranannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenademedia Group.
Lisnawati,Yesi. 2015. Konsep khalifah dalam al-qur’an dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam. (Online) https://repository.upi.edu
Lubis, Mira yanti. 2019. Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. (Online) Vol.02, No. 1 (https://core.ac.uk )
Mardayani, Komang Trisna dkk. 2016. Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Kelompok B di PAUD Widhya Laksmi,(Online), Vol.4, No.2, (https://ejournal.undiksha.ac.id diakses 13 Agustus 2019)
Mulyana, Yusep. 2002. Permainan Tradisional. Bandung: Salam Insan Mulia
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslimah,dkk. 2018. Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di RA AL Hikmah Kecamatan Medan Denai. Jurnal Raudhah, (online), Vol. 6, No.2, ( http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id, diakses 15 desember 2019).
Musyarofah. 2017. Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016, (Online), Vol. 2, No. 1 ( https://media.nelliti.com/media/publications/223896-pengembangan-aspek-sosial-anak-usia-dini.pdf diakses 15 Desember 2019).
Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional, (Online), Vol 3, No.1, https://journal.uny.ac.id diakses 29 Agustus 2020
Nurmalitasari. 2015. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, (Online), Vol 23,No.2 (https://jurnal.ugm.ac.id, diakses 15 Desember 2019)
Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebjudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Putri, Ati Bahiyati Utami. 2017. Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek melalui Teknologi Digital Interaktif. (Online) Vol.02, No.02, (https://journals.telkomuniversity.ac.id diakses 15 Agustus 2020)
Rozana,Salma dkk. 2020. Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Engklek. Jawa Barat: Edu Publisher
Sari,Milya. 2020. NATURAL SCIENCE; Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. (Online), Vol.6, No.1, (https://ejournal.uinib.ac.id diakses 10 Agustus 2020)
Setiawan, M.Heri Yuli. 2016. Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. (Online), Vol.5 (http://journal.umpo.ac.id diakses 10 Agustus 2020)
Suherman. 2000. Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Sujiono, Yuliani Nuraini Dkk. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks
Suminar, Dewi Retno. 2019. Psikologi Bermain: Bermain & Permainan Bagi Perkembangan Anak. Surabaya: Airlangga University Press
Supriyono,Andreas. 2018. Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bdan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Suud, Fitriah. 2017.Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini(Analisis Psikologi Pendidikan Islam).(Online), Vol.6,No.2 (http://Journal.staimsyk.acid, diakses 29 Agustus 2019)
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT. Bumi
Wijirahayu, Ani. 2016. Kelekatan Ibu dan Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. (Online), Vol.9 No.3 (https://journal.ipb.ac.id )

File Tambahan

Diterbitkan

2021-02-02