PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA PENCAMPURAN WARNA DI TK ISLAM DAUD KHOLIFATULLOH KOTA PADANG

Penulis

  • Evi Desmariani STKIP Adzkia
  • Muzayyanah
  • Lisa Yuniarti
  • Laila Rahmadona

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu anak belum mampu melakukan percobaan sederhana bersifat sains dan anak masih belum mampu mengenal sebab akibat tentang lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun melalui percobaan sederhana pencampuran warna di TK Islam Daud Kholifatulloh Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian dari setiap siklus memperlihatkan terjadinya peningkatan kemampuan anak dalam melakukan percobaan sederhana bersifat sains dan mengenal sebab akibat tentang lingkungan sekitarnya melalui percobaan sederhana pencampuran warna di TK Islam Daud Kholifatulloh Padang. Melalui percobaan sederhana pencampuran warna dalam melakukan percobaan sederhana bersifat sains pada pra tindakan 0% meningkat pada siklus I menjadi 30% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80%.Sedangkan dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan sekitarnya pada pra tindakan 0% meningkat pada siklus I menjadi 40% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa percobaan sederhana pencampuran warna  dapat meningkatkan kemampuan sains anak  usia 5-6 tahun di TK Islam Daud Kholifatulloh Padang

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Djamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo.
Masitoh, 2003. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Nindy, Anisya. 2020. Memperkenalkan Hasil Campuran Warna ke Anak Balita. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/ninda/memperkenalkan-hasil-campuran-warna-ke-anak-balita/3
Nugraha, Ali. 2005. Perkembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nugraha, Ali. 2008. Perkembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung : Jilsi Foundation Pembelajaran.
Nurani. 2006. Pembelajaran Sains Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Ramli. 2005. Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Tersedia: http://ramlimpd/2005/185/pembelajaran-untuk-anak-usia-dini.html
Saepudin, Asep. 2011. Pembelajaran Sains pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Sodjiono, Nurani Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soertajiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Sudaryono, 2014. Classroom Action Research: Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamadia Group
Susilowati, Neni. 2016. Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana dalam Pembelajaran Sains pada Anak Kelompok B (Studi Kasus di KB-RA IT Al- Husna Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta
Thabroni, Gamal. 2019. Pencampuran Warna yang Sesungguhnya (Metode dan Teknik). Joernal. https://serupa.id/pencampuran-warna-yang-sesungguhnya-metode-teknik/
Yunani, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Tanjungpura Pontianak.
https://fdokumen.com/document/pengertian-warna.html.
(https://risalahmuslim.id/quran/faathir/35-27/15-10-2020/21:31)

File Tambahan

Diterbitkan

2021-02-02