PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DI KELAS IV SDN 34 SEBERANG PALINGGAM KOTA PADANG

Penulis

  • Mita Vidi Yanti STKIP Adzkia
  • Ade Irma Suryani

Kata Kunci:

Kata kunci: Media pembelajaran berbasis ICT, Macromedia Flash 8, Tematik Terpadu.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis ICT berupa Macromedia Flash 8 yang mengacu pada Kurikulum 2013 dan mendeskripsikan kualitas produk media pembelajaran berbasis ICT mengacu Kurikulum SD 2013.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Dissemination (Penyebarluasan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen validasi media pembelajaran.Instrumen validasi digunakan untuk mengetahui keabsahan dari media Macromedia Flash 8 yang dirancang. Validasi dilakukan oleh ahli design dan ahli materi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Media pembelajaran berbasis ICT pada pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IV SD sangat valid jika digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui (1) hasil validasi pakar “Y” media pembelajaran berbasis ICT termasuk dalam kriteria “sangat valid” dengan perolehan skor 95,83%. (2) hasil validasi pakar “FOF” media pembelajaran berbasis ICT termasuk dalam kriteria “sangat valid” dengan perolehan skor 95,83%. (3) hasil validasi pakar “A” media pembelajaran berbasis ICT termasuk dalam kriteria “sangat

 

 

valid” dengan perolehan skor 93,75%. Dari keseluruhan hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata skor 95,13% termasuk kategori “sangat valid”. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis ICT yang dikembangkan sangat valid  jika digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2009. MediaPembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Endang Mulyatiningsih. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Febliza, Asyti. 2015. Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekanbaru: Adefa Grafika.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Saputri, Lola Ineli, dkk. 2015. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Ranah Pesisir. Padang: Universitas Bung Hatta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana

File Tambahan

Diterbitkan

2021-02-02