PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL UKURAN UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK MUTIARA SARI KOTA PADANG

Penulis

  • Evi Desmariani STKIP Adzkia
  • Jendriadi
  • Miftahul Jannah
  • Didiek Wahyudi

Kata Kunci:

Mengenal Ukuran, Bermain balok, PTK

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan lapangan yaitu rendahnya kemampuan anak dalam menyusun balok mulai dari yang besar ke yang kecil dan mengelompokkan balok menurut ukuran tinggi-rendah. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti melakukan tindakan untuk upaya memperbaiki proses pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal ukuran (besar-kecil, tinggi- rendah). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II tiap siklus terdiri dari tiga kali tindakan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terdapat peningkatan pada kemampuan menyusun balok mulai dari yang besar ke yang kecil. Pada pratindakan anak belum mampu dengan persentase 27%. Pada siklus I persentase 60% dan pada siklus II meningkat menjadi persentase 80%. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengelompokkan balok menurut ukuran tinggi-rendah anak usia 5-6 tahun melalui permainan balok meningkat.

Referensi

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Ayat Surat Al-Qamar ayat 49
Achnad DS, Departemen Pendidikan Nasional.2000.Permainan Berhitung Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Tut Wuri Handayani
Fauziddin, Mohammad. 2016. Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.Stkip Pahlawan Tuanku Tambusai,Indonesia. Diakses pada tanggal 31 Agustus 2019 jam 14.14
Istiarini, Ratna. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Balok. Universitas Negeri Jakarta.Diterbitkan.
Kemalawati, Ika. 2017. Upaya Meningkatan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Balok Di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecematan Cipatat Kabupaten Bandung Barat
Lestari Putri Mulia, 2016. PengaruhPenggunaan Media Balok Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Tk Kesuma Segalamider Bandar Lampung. Universitas Lampung. Diterbitkan Skripsi
Macdonald, Sharon. 1942. Block Play: The Complete Guide To Learning And Playing With Blocks. Includes bibliographical references.Index
Prof. Dr. h.e. Mulyasa, M.Pd. 2012. Manajemen Paud.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Pratiwi, Wiwik. 2017. Pengaruh Bermain Pembangunan Terhadap Kemampuan Mengenal Ukuran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sekar Melati Kota Agung Tanggamus. Universitas Lampung. Diterbitkan Skripsi
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 146 Tahun 2014
Rakimahwati, 2012.Model Pembelajaran Sambil Bermain pada Anak Usia Dini.
Padang: UNP Press
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT. Indeks
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Metode pengembangan kognitif.Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto, Ahmad.2011. Perkembangan Anak Usia Dini .Jakarta: Kencana

File Tambahan

Diterbitkan

2021-02-02