PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART PADA TEMA “DIRIKU” SUBTEMA “TUBUHKU” SDN SERANG 3

Penulis

  • Zerri Rahman Hakim 1Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kata Kunci:

Kata kunci :Pengembangan Media, flipchart, kosakata tubuh, Bahasa Indonesia.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipchart pada materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serang 3 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Media ini berupa gambar seperti kalender yang terbuat dari kertas duplek yang disusun menjadi 12 lembar dan pada bagian atas di spiral, sehingga menyerupai kalender dan penggunaannya pun seperti kalender yaitu di buka tutup . Menguji kelayakan dalam media ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas 1B SD Negeri Serang 3 Kota Serang dengan subjek penelitian 27 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, media media flipchartini mendapatkan memperoleh hasil dari ahli materi   90,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu ahli media memperoleh hasil 89,1% dengan kategori “Sangat Layak”, kemudian dari ahli pendidikan memperoleh hasil 90,9% dengan kategori “sangat layak” untuk respon siswa memperoleh hasil 87% dengan kategori “Sangat Layak”berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media flipchart ini layak dan dapat dipergunakan.

Referensi

[1] AECT. (2004). AECT Definition and Terminologi Committee Document: The Meanings of Educational Technology. Washington, D.C: Association for Educational Communications and Technology.
[2] Ahmadi,K & Amri,S. (2011) PAIKEM GEMBROT Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot. Jakarta: Prestasipustaka.
[3] Anitah,S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
[4]Arsyad,A. (2011). Media Pembelajaran: Jakarta: BalaiPustaka.
[5] Budiningsih,CA. (2006).Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: FIP. UNY.
[6] Depdiknas . (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.Jakarta :Depdiknas.
[7] Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
[8] Nasution. (2004). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Riduwan. (2012). Pengantar Statista Sosial. Bandung: Alfabeta.
[10] Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Persada.
[11] Sriwilujeng,D. (2011). Rancangan Pelaksaan Pembelajaran Tematik. Kaiswaran.
[12] Sudjana,N dan Rivai,A. (2001). Media Pengjaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
[13] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[14] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[15] Sumantri,M dan Permana,J. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
[16] Sundayan,R. (2014). Mengenal Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.: ALFABETA
[17] Susilana,R dan Riyana,C. (2009). Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
[18] Yayan,Y. (2012). Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Suatu Proses dan Hasil Pembelajaran. UniversitasNegeri Yogyakarta.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-23