STUDI PUSTAKA PERKEMBANGAN DAN PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Widya Widya
  • Rahmad Salim
  • Riri Marfilinda

Abstrak

The Make A Match Model which is an active learning model. This model emphasizes learning in groups that help one another, work together to solve problem. The purpose of this research is to examine the development and aplication of the Make A Match learning model, espacially in the last 10 years. The research method used in this research is literature study. The author collected more than 20 references related to the history, development, and implementation of the Make A Match model. Data collection techniques used through litersture study. The results of this study were obtained in journals published in the last 10 years. Make A Match model has a significant influence on the achievement of cognitive competencies and problem solving skills.

                 Based on the results of reviews from these journals, the Make A Match model can be categorized as very suitable to be applied to learning in elementary schools based on the results of the study, the use of the Make A Match model in learning in elementary schools is stated to be very good.

Referensi

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Abdullah, Husni H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Vol 06. No 04. Tahun 2018.

Rahayu, Titik dkk. 2018. Teknik Dalam Menulis Literatur Review Dalam Sebuah Artikel Ilmiah.Universitas Kebangsaan Malaysia.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti Danik. 2011. Pembinaan Karakter Siswa Pada Kelas VII di SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang. Universitas Negri Semarang.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka belajar.

Gading, I Ketut , Dian, Kharisma Khadek. 2017. Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Vol 1, No 2, 2017.

Kurniasih, imas & Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Dwi Retno Rahayu. 2018. Implementasi Prinsip 5C Dalam Pembelajaran Mudharabah di Kspps Arthamadina Batang. Semarang : UIN Walisongo.

Aliputri, Hazilla, Dhestha. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Volume 2, nomor 1A, April 2018.

Rusman . 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Perss.
Ngalimun, dkk . 2017. Strategi dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arifin, Jauharoti. 2014. Analisis Karakter Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Surabaya: FIK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : kata pena.

Febriyana, Ayu. Jurnal Kependidikan Dasar, Volume 1, nomor 2, Februari 2011
Sirait, Makmur & Noer, Adilah. Jurnal INPAFI, Volume 1, nomor 3, Oktober 2013.

Mahanani, Mamik. 2015. Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Birit Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto, Ahmad & Fatullah, anna. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya. Jakarta: Universitas Muhammadyah Jakarta.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Herlina, Marhadi, Hendri dan Kurniawan, Otang. 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatife Tipe Make A Match untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri 015 Penyaguan. Pekanbaru : Jurnal.Neliti.

Abdurahim. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Timuk Gawah. JISIP, Vol.2 No.2 Tahun 2018.

Widiyaka, Andrie, Dwie dan Rukayah, M.Ismail. 2011. Peningkatan kemampuan menulis pantun melalui model Make A Match. Surakarta : jurnal digilib.

Suwarni. 2018. Pembelajaran menulis pantun dengan model Make A Match disekolah dasa. Stilistika, Vol.4 No 2 Tahun 2018.
Juliana, Ryan, Rustono WS, Hodidjah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dalam Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Tokoh Pejuang Melawan Penjajah Belanda Dikelas V SD. Vol.5 No.1 Tahun 2018.

Febriayana, Ayu. 2011. Penerpan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan kualitas pembelajran IPS siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Vol.1 No.2, Februari 2011.

Tiballa, Maida, Dwi, Nyowa Suman Sudana & I Ketut Gading. 2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Vol.5 No.2 Tahun 2017.

Nahdiyatin, Situ, Nur. 2016. Penerapan metode Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas III Jenangan Ponorogo. Vol.1 No.2, Desember 2016.

Dewi, Meta, Putra & Manuaba, Surya. 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media grafis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 18 Pemacutan.Yogyakarta : Jurna Prima Edukasi.

Nym. Masa, I Nym. Murda & Luh. 2017. Pengaruh Model Pembelejaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD. Vol.5 No.2 Tahun 2017.

Asih Mardati, Muhammad Nur Wangit. 2015. Pengembangan permainan media kartu gambar dengan tekhnik Make A Match untuk kelas I SD. Vol.3 No.2, Juli 2015.

Heldaeni. 2018. Penerapan Pembelajaran Koopertatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SD Negeri 025 Teluk Binjai Dumai Timur. Vol.2 No.3 Mei 2018.

Artawa, Robertdan Suwatra. 2013. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Selat. Singaraja : Jurnal Unimed.
Kaharuddin, Andi. 2018. Keefektifan model Make A Match dalam pembelajaran Matematika siswa siswa kelas VI Sekolah Dasar. Vol.11 No.1 Desember 2018.

Nugroho, Adi, Santoso dan Slameto. 2013. Peningkatan hasil belajar Matematika melalui metode pelajaran Make A Match berbatu media gambar sekolah dasar. Vol.4 No.2 Tahun 2013.

Surianti, Yulia dan Marganingsih, Anna. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Vol.6 No.2 Tahun 2015.

Asdiana. 2015. High Order Thingkhing pada pembelajaran IPA melalui teknik Make A Match disekolah dasar. Vol.6 Edisi 2 Desember 2015.

Pasaribu, Nurhalimah. 2017. Penerapan Model Make A Match dengan media Flascard dalam pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktifitas siswa kelas IV SDN 0103 Sibuhuan. Vol.3 No.1 Januari-Juni 2017.

Suci Perwita Sari, Sazkia Aprilia & Kalifahtusadiah. 2020. Penggunaan metode Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Vol.01 No.01 April 2020.

Rosy Rohmawati, Nelis Supriyati. 2019. Meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam melalui model pembelajara Make A Match pada siswa kelas IV SD. Vol.02 No.04 Juli 2019.

Setyaningsih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar IPA subtema manfaat energi melalui model pembelajaran Make A Match. Vol.5 No.3 November 2016.

Ali Ikhsani, Erlina Prihatnani. 2017. Penerapan Make A Match meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Negeri Sraten. Vol.7 No.2 Juni 2017.

Budi Febriyanto. 2015. Make A Match dalam pembelajaran Writing dikelas V sekolah dasar. Vol.1 No.2 Juli 2015.

Febrianto, Susilo, Sigit. 2015. Cooperative Learning Make A Match dalam pembelajaran Reading Comprehension di kelas IV sekoah dasar. Vol.1 No.1 Januari 2015

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-23