Pengembangan Media Pembelajaran MUTA (Monopoli Ular Tangga) dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat

Penulis

  • Herlin Fajriah Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau
  • Syahrilfuddin Universitas Riau

Kata Kunci:

Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Operasi Hitung Bilangan Bulat

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan MUTA (monopoli ular tangga) pada materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode mencongak. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media permainan “MUTA” yang valid digunakan sebagai media pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV pada materi pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model 4-D (define, design, development, and dissemination). Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil validasi kelayakan produk dari validator ahli media dan validator ahli konten/isi media yang menyatakan bahwa produk media permainan “MUTA” sebagai media pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar yang dikembangkan oleh peneliti sangat valid digunakan dengan perolehan persentase rata-rata dari validator ahli media sebesar 91,66% dan validator ahli konten/isi sebesar 85%. Untuk uji respon guru memperoleh persentase rata-rata sebesar 92,86% dengan kategori sangat layak. Untuk uji respon siswa terhadap produk media permainan “MUTA” dilakukan dengan memberikan lembar angket respon siswa kepada 8 orang siswa kelas IV. Dari hasil lembar respon siswa yang dibagikan diperoleh rata-rata persentase sebesar 90,70% dengan perolehan kategori sangat layak.

Referensi

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1 (1).
Amalia, D., & Wahyudi, I. 2019. Matematika 4. Jakarta: Dar El Ilm Li Awlad Publishing.
Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal SIGMA, 5 (2).
Azizah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Muvizu di Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal JKPM, 1 (2).
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI . Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1).
Darajati, P. (2016). Pengembangan Media Diorama Lingkungan (Dolan) sebagai Media Pembelajaran IPS Kelas III SDN Tahunan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (4).
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Depdiknas.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1).
Fahrudy, A. (2019). “Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Modifikasi Permainan Monopoli Muatan Pembelajaran IPS Kelas V A SD Negeri Petompon 02 Semarang”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Fatimah, D., Murtono,. & Su’ad. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pengembangan dan Pendidikan, 4 (3).
Ferryka, P. Z. (2017). Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29 (100).
Harfi, Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Operasi Hitung di Kelas II SD Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4 (1).
Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Makarim. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all (akses 25 Mei 2020)
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9 (1).
Karim, A. (2017). Pengaruh Metode Mencongak Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2 (2).
Kartika, Y.D. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Ekonomi untuk Pembelajaran IPS Kelas VII SMP”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Kristiyono, H. (2008). Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur, 6 (10).
Mufliha, S. E., dkk. (2019). Penanaman Karakter Jujur melalui Media Ular Tangga Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional "Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital”ISBN 2654-18670.
Muharni. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Materi Penggolongan Hewan : Studi Kelayakan Di Kelas III SDIT Diniyah Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Riau.
Muhson, A. (2010). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8 (2).
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4 (2).
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1 (1).
Permendikbud No 59 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Sarmiyati, Y., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Elemen, 4 (1).
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Utami, R. E. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 2 Sd Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal Edutama, 1 (1).
Wahyuningtyas, Tri. (2015) Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5 (1).
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yulianto, I. M. (2017). Pelajaran Matematika 3 untuk Tingkat Dasar. Yogyakarta: Attuqa.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-04-21