PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SDN 04 AIR PURA PESISIR SELATAN

Penulis

  • Pepi Adita Putri Universitas Adzkia
  • Ade Irma Suryani

Kata Kunci:

Pengaruh, Model CIRC, Keterampilan membaca pemahaman, Pembelajaran tematik terpadu.

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan rendahnya keterampilan membaca pemahaman
yang disebabkan pada proses pembelajaran pendidik masih mengandalkan metode ceramah, pendidik
meminta peserta didik langsung membaca, pendidik belum menerapkan tahap-tahap membaca pada proses
pembelajaran, peserta didik menganggap membaca adalah hal yang membosankan, pemahaman peserta didik
terhadap teks masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran
tematik terpadu siswa kelas V SDN 04 Air Pura Pesisir Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelas V SD Negeri 04 Air Pura Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, dengan rancangan
penelitian nonequivalent pretest-posttest control design. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, tesnya menggunakan soal uraian. Instrumennya menggunakan lembar penilaian keterampilan
membaca pemahaman, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney-U. Berdasarkan
hasil uji hipotesis dengan metode uji Mann Whitney-U maka diperoleh data nilai Uhitung=0,000 dengan taraf
kesukaran 5% dengan kriteria pengujian jika Uhitung < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dimana
jumlah peserta tes di kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik dengan rata-rata 75, sedangkan pada kelas
kontrol jumlah peserta tes sebanyak 28 peserta didik dengan rata-rata 60. Standar deviasi pada kelas
eksperimen yaitu (S=11,116) dan standar deviasi kelas kontrol yaitu (S=18,107). Dari hasil penelitian terbukti
bahwa penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas
V SDN 04 Air Pura Pesisir Selatan tahun ajaran 2019/2020.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
_____. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kadir, Abd, dkk. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
____. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Patiung, Dahlia. 2016. Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual, Vol. 5,
No.2,(http://journal.uialauddin.ac.id/index.php/al_daulaarticle/, diakses 29 September 2019).
Prastowo, Andi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta:
Kencana.
Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali
Pers.
_____. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz
Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_____. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_____. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan
Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Membaca:sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Taufina. 2015. Keterampilan Berbahasadan Apresiasi Sastra Indonesia di SD. Padang: Sukabina Press.
______. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-04-21